KALKULATOR SIMULASI ESTIMASI ANGSURAN PINJAMAN SMS CENTER 24 Jam, 0838 - 7066 - 0119 Cukup SMS, Kami Telpon Balik, Sabtu-Minggu Tetap Kami Layani.
Format SMS: NAMA # ALAMAT # TYPE-TAHUN - Contoh: LIA # DEPOK # TOYOTA FORTUNER 2015
Syarat Mudah, Proses Cepat, Angsuran Ringan Terjangkau
MENJAWAB KEBUTUHAN KREDIT ANDA. Urusan Kredit Jadi Lebih Mudah dan Praktis

Mau Ngebut? Jangan Lupa Ukur Jarak Aman Mengemudi

Jakarta: Angka kecelakaan Mobil dan Motor di Indonesia tergolong cukup tinggi. Pada tahun 2014 saja tercatat 26.651 kasus kecelakaan lalu lintas di Indonesia. Salah satu jenis kecelakaan yang terjadi yaitu tabrakan beruntun.

Jusri Pulubuhu, pendiri dan instruktur Jakarta Defensive Driving Consultant (JDDC), menjelaskan salah satu penyebab kecelakaan beruntun yaitu para pengemudi salah antisipasi. Kesalahan yang selama ini terjadi adalah pengemudi salah mengukur jarak aman dalam berkendara di jalanan.

"Selalu menjaga jarak. Dalam menjaga jarak, hal ini berkaitan dengan reaksi manusia dalam merespon keadaan hingga tubuh beraksi, dan kemudian mobil pun bereaksi," jelas Jusri Pulubuhu saat diwawancarai Selasa, 12 Mei.

Pakar safety riding itu menjelaskan lebih lanjut bahwa penangkapan reaksi sekitar hingga mobil melakukan pengereman memerlukan waktu. Jika mobil melaju 100 kilometer per jam (kpj), dalam satu detik maka mobil menempuh jarak sekitar 27 meter. Sedangkan indera manusia menangkap keadaan hingga bereaksi memerlukan waktu 1 detik.

Namun jarak 27 meter pun belum cukup aman. Untuk berhenti pun mobil memmerlukan reaksi mekanikal sekitar 1 detik. Jadi jika melaju dalam 100 kpj, maka minimal diperlukan jarak aman sekitar 60 meter antar mobil.

Tapi ada baiknya untuk melakukan pengukuran berdasarkan selisih waktu. Selisih waktu yang banyak direkomendasikan oleh instruktur safety driving dan safety riding adalah 2-3 detik.

Sumber: otomotif.metrotvnews.com
Share on Google Plus

About Auto Formula MT

Jasa pinjaman dana talangan Jaminan Gadai Agunan BPKB mobil motor, mudah, cepat, angsuran murah ringan terjangkau, aman, leasing resmi terpercaya

0 komentar:

Posting Komentar